Jenis Oli Dan Kapan Mengganti

 Yang bernama mobil tentunya tidak dapat lepas dengan yang bernama oli sebagai pelumasnya. Pada sebuah mobil, oli disesuaikan dan dikembangkan untuk menjalani fungsinya. Oli pada saat ini terbagi-bagi menjadi beberapa jenis. Terdapat 5 jenis oli pada mobil yang seharusnya menjadi kerutinan dan di cek untuk mengetahui kapan diganti dengan oli baru, ialah :

Oli Mesin
Oli mesin terbagi dalam tiga jenis oli, ialah oli mineral, semi sintetik dan full sintetik. Oli mineral merupakan oli yang terbuat dari bahan minyak bumi (based oil), untuk oli semi sintetik merupakan oli yang terbuat dari kombinasi antara oli mineral dan sintetik, sedangkan oli full sintetik terbuat dari bahan murni oli sintetik yang dikembangkan untuk pemakaian lebih tahan lama pada mesin mobil.

Pada oli mesin ukuran kental penggunaan telah di tetapkan oleh SAE (Society Automotive Engineers) terhadap iklim di Indonesia yang terletak di wilayah tropis menggunakan 15W-30 sampai 20W/50 Bagi mutu atau kualitas disimbolkan oleh API (American Petroleum Institute), ditandai dengan huruf kapital. Untuk tipe mobil bensin umumnya menggunakan huruf S (service/spark) dan pada bensin menggunakan huruf C (comercial).

Mengganti oli mesin umumnya diukur melalui jarak tempuh per kilometer mobil. Oli mineral bisa digunakan maksimal sampai dengan 7000 km dan oli sintetik bisa di gunakan sampai dengan 10.000 km, namun sebaiknya mengganti oli yang telah ditetapkan oleh pihak pabrikan atau ATPM ialah umumnya 5000 km, untuk membuat kondisi mesin tetap prima.

Harga penjualan oli mobil per ukuran galon yang beredar di pasaran antara Rp. 113.000,- hingga Rp. 300.000,- tidak termasuk jasa penggantian. Jadi persiapkan jadwal rutin dalam mengganti oli mesin mobil sebelum komponen mesin anda rusak, caranya dengan mencatat kilometer awal ketika menggunakan oli baru.

Oli Transmisi
Oli juga digunakan dalam transmisi kendaraan. Terutama untuk ini, telah dikenal ada dua jenis oli transmisi ialah untuk transmisi manual dan matik, penggunaan oli-pun tentu tidak sama. Oli transmisi manual mampu digunakan sampai 10.000 km, itu berarti oli bisa digunakan sampai sejauh 10.000 km dalam keadaan jalan, tidak termasuk dalam kondisi macet atau tiap enam bulan sekali.

Pada oli khusus matic, sebaiknya menggati setiap kelipatan 20.000 km. Bicara soal harga oli transmisi yang saat ini ialah sekitar Rp. 27.000,- hingga Rp. 43.000 untuk transmisi manual, sedangkan harga oli untuk transmisi matik sekitar Rp. 60.000,- hingga Rp. 220.000,- .

Oli Gardan
Umumnya penggantian oli gardan dilakukan bersamaan dengan oli transmisi, Gantilah oli gardan secara teratur setiap 20.000 km, dan gunakan nilai kekentalan pelumas tepat yang dianjurkan produsen kendaraan. Harga oli gardan yang ada di pasaran ialah sekitar Rp. 27.000,- hingga Rp. 43.000,-

Oli / Minyak Rem
Sama seperti oli mesin, minyak rem ini juga memiliki grade-nya seperti halnya SAE dan API, yang dinyatakan dalam satuan DOT(Department Of Transportation). DOT merupakan nilai titik didih dari minyak rem dalam meredam panas akibat pengereman, semakin rendah angka DOT kemampuan meredam panasnya juga kecil. Umumnya minyak rem DOT 3 yang umum digunakan untuk kendaraan harian, sementara DOT yang tinggi seperti DOT 5 dipergunakan untuk kendaraan lomba.

Dipasaran terdapat DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Makin tinggi angka DOT-nya, makin rentan terhadap masa pakai. Kalau grade-nya DOT 3, tidak terdapat masalah pada masa untuk sistem rem, minyak rem itu harus diganti minimal setelah kendaraan digunakan setahun. Kalau DOT-nya lebih tinggi, DOT 5 umpamanya, jadi waktu penggantiannya dapat lebih cepat.

Oli / Minyak Power Steering
Pada perangkat power steering tidak lepas dari penggunaan oli. Oli pada powersteering digunakan sebagai pompa hidraulik sehingga meringankan pengguna kendaraan mobil untuk menggerakan pengendali stir mobil.

Oli pada power steering diganti kurang lebih sama dengan penggantian minyak rem. Biasanya dilakukan penggantian ulang/menguras setiap 25.000 km atau sekitar dua tahun dari pemakaian awal mobil. Harga oli yang ada dipasaran ialah sekitar Rp. 28.000,- sampai Rp. 60.000,-.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Oli Adnoc

Harga Oli Evalube

Harga Oli BM1